Tips Sewa Bus Pariwisata Jogja Harga Pasti Murah

Jogjakarta merupakan salah satu kota yang banyak dijadikan sebagai tujuan dalam berwisata. Kota ini menyimpan banyak kekayaan alam yang cocok bagi anda penggemar traveling. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi, Jogja juga menyediakan banyak jenis kendaraan alternatif mulai dari sepeda motor, mobil hingga bus sekalipun.

Bagi anda yang berwisata secara berkelompok, maka penggunaan bus merupakan pilihan yang tepat. sebelum melulai pemesanan, maka tidak ada salahnya jika anda simak tips sewa bus di Jogja yang berikut ini.

Tips Sewa Bus Pariwisata Jogja

1. Cari tahu agen bus secara detail

Langkah pertama adalah dengan mencari tahu informasi mengenai agen bus secara mendetail. Anda bisa mencari tahu melalui website resmi dari agen terkait. Disitu anda bisa menemukan banyak keterangan terkait dengan alamat dan kontak dari agen yang bersangkutan.

Sebelum melakukan komunikasi, ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu apakah agen tersebut dapat dipercaya atau tidak. Hindari segala jenis pembayaran pada perusahaan tanpa alamat yang jelas.

sewa bus pariwisata jogja
sewa bus pariwisata jogja

2. Tanyakan secara detail kondisi bus

Penting bagi anda sewa bus jogja untuk menanyakan bagaimana kondisi bus yang disewakan. Cek kondisi bus berikut dengan tahun mesin bus yang akan disewa.

  • Bus tua adalah bus tahun 1995 ke bawah
  • Bus sedang adalah tahun 1996-2004
  • Bus muda adalah tahun 2004 -2009
  • Bus baru adalah bus tahun 2010-2012

Pastikan anda mendapatkan bus sesuai dengan kebutuhan dan tentunya nyaman dan aman digunakan dalam bekendara.

3. Jelaskan tujuan penyewaan

Untuk pendataan, anda bisa menyebutkan tujuan pemesanan bus. Apakah untuk berwisata, acara keluarga atau pernikahan. Selain itu jelaskan pula dari instansi mana anda berasal. Apakah dari sekolah, pemerintahan, yayasan atau umum.

4. Jelaskan kebutuhan anda

Untuk memenuhi kebutuhan para penumpangnya, bus biasanya telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti TV, Toilet, AC, set karaoke, DVD Player dan lain-lain.

Selain itu fasilitas, pastikan jika anda telah mendapatkan bus dengan jumlah kursi yang sesuai dengan penumpang. Bus dengan ukuran besar biasanya terdiri jumlah kursi 40, 44, 47 atau 54 hingga 59.

Untuk ukuran medium, ada bus dengan kapasitas 25 kursi, 27, 29 dan 31 kursi. Bus dengan ukuran kecil, berkapasitas 10 hingga 14 kursi.

5. Tanyakan mengenai cara pembayaran

Jika anda telah menemukan agen bus yang sesuai, maka tidak ada salahnya jika anda segera melakukan pembookingan. Tanyakan kepada agen mengenai langkah pembayaran, apakah harus cash atau bisa via transfer. Pastikan pula berapa drop payment yang harus anda bayarkan.

Pembookingan sebaiknya dilakukan lebih awal sebelum hari keberangkatan. Hal ini dilakukan supaya anda mendapatkan bus yang layak dan tidak kehabisan bus akibat pemesanan yang dadakan.

6. Tanyakan mengenai biaya-biaya tambahan

Sebelum melakukan pembookingan, ada baiknya anda memastikan apakah biaya sewa sudah termasuk ke dalam biaya-biaya lain seperti tarif tol, tiket area wisata, biaya bahan bakar, penginapan driver ataupun uang makan driver.

7. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran

Hindari melakukan pembayaran pada crew bus agar tidak terjadi pelarian uang. Jangan lupa pula untuk meminta tanda bukti pembayaran yang sah yang disertai dengan cap atau stempel dari agen bus terkait.

Dalam mencari sewa bus Jogja ada baiknya anda mencari agen terpercaya dan berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari website resmi dari agen yang bersangkutan. Semakin tinggi review yang diberikan oleh pelanggan maka semakin bagus pula pelayanan dari sewa bus terkait.

Bagikan Ke Teman-Teman Ya!