Belanja Seru Dengan Harga Miring di Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Surakarta. Pasar ini terletak di dekat Keraton Surakarta dan menjadi rujukan bagi sejumlah pedagang untuk membeli kain batik. Selain menjadi pusat perbelanjaan, Pasar Klewer juga menjadi salah satu tujuan wisata sekaligus simbol dari kota Surakarta.

Sejarah berdirinya Pasar Klewer

Tempat wisata di Solo yang satu ini dulunya digunakan sebagai lokasi pemberhentian kereta api dan digunakan untuk berjualan bagi para pedagang pribumi. Sebagai lokasi berjualan, kawasan tersebut akhirnya terkenal dengan nama pasar Slompretan.

Kata slompretan berasal dari suara kereta api ketika berangkat yang mirip dengan tiupan slompret atau terompet. Di pasar ini para pedagang kecil banyak menawarkan barang dagangan berupa kain batik yang diletakkan di pundaknya sehingga tampak menjuntai ke bawah atau berkleweran. Dari barang dagangan inilah pasar ini mulai disebut sebagai Pasar Klewer.

Pasar Klewer mengalami perkembangan pada tahun 1942 hingga 1945. Pasar ini semakin berkembang di tahun 1968. Kemudian dibangunlah bangunan pasar yang bertingkat pada tahun 1970 atau tepatnya pada 9 Juni. Adapun presiden yang meresmikan Pasar Klewer kala itu adalah Presiden Soeharto.

pasar klewer solo
pasar klewer solo

Nah tak kalah menariknya bila anda menggunakan paket wisata jogja 3 hari 2 malam denganĀ  hotel atau tanpa hotel, selain jalan jalan ke jogja anda juga bisa mencari oleh-oleh batik khas solo untuk keluarga di rumah.

Barang dagangan di Pasar Klewer

Di Pasar Klewer, anda bisa menemukan banyak jenis kain serta pakaian mulai dari pakaian untuk anak-anak, remaja, orang tua, pakaian wanita, pakaian santai, kemeja resmi hingga pakaian sekolah. Disini anda juga bisa menemukan berbagai jenis kaos, dasi, jaket hingga kain berbahan katun juga sutra.

Adapun jenis kain yang paling menonjol di Pasar ini adalah kain batiknya. Beberapa jenis batik yang bisa ditemukan antara lain adalah batik cap, batik pantai Keraton, Batik Putri Solo, Batik Cap, Batik Anti Keraton hingga Batik Tulis Solo. Bukan hanya itu, namun Batik dari Jogja, Banyumas, Pekalongan, Betasi, Madura dan kota-kota lain juga turut meramaikan proses jual beli di Pasar Klewer.

Uniknya lagi, Pasar Klewer tidak hanya menyediakan beragam jenis kain melainkan juga kerajinan, pernak-pernik, emas, peralatan daupur hingga barang elektronik. Anda juga akan menemukan beragam kerajinan dari masyarakat dengan kualitas ekspor seperti kayu ukir, kaca ukir serta beragam cinderamata dengan bahan dasar kaca.

Kebakaran di Pasar Klewer

Pasar Klewer pernah mengalami kebaran pada tanggal 27 Desember 2014. Peristiwa ini bersamaan dengan berlangsungnya festival Sekaten di Alun-alun kota Solo. Kebakaran tersebut menimbulkan kepanikan pada bangunan baru di pasar. Sementara bangunan lama tidak terkena dampak yang cukup serius. Adapun penyebab kebakaran sendiri hingga kini masih simpang siur kabarnya.

Menindaklanjuti peristiwa kebakaran, pemerintah Surakarta lantas membangun pasar sementara yang berlokasi di Alun-Alun Utara Keraton serta sebagian dari Pagelaran Keraton. Semenjak dilakukan pembangunan, Pasar Klewer terlihat lebih modern dengan konsep toko yang menarik.

Pasar Klewer terletak di Baluwarti, Ps Kliwon kota Surakarta. Untuk masuk ke Pasar Klewer, anda tidak akan dimintai tiket masuk alias gratis. Pasar Klewer dibuka pukul 07.00-17.00 WIB. Dengan banyaknya pedagang serta pembeli yang melakukan aktivitas disana, tidak heran jika pasar ini selalu ramai dikunjungi.

Selain mengunjungi Pasar Klewer, anda juga bisa mendatangi tempat wisata di Solo yang dekat dengan pasar seperti Masjid Agung Surakarta, Keraton Surakarta Hadiniggrat, Museum Batik Danar Hadi, Batik Gunawan Setiawan, Pusat Grosir Solo, Psar Gede Solo, Pura Mangkunegaran, Roti Mandarin, Kampoeng Batik Laweyan dan lain sebagainya.

Bagikan Ke Teman-Teman Ya!